5 TEMPAT WISATA KEKINIAN DI MAGELANG


1. WISÄTÄ GUNUNG ÄNDONG


 
                                  

Gunung Ändong adalah gunung mungil dengän ketinggiän “hänyä” 1.726 meter di ätäs permukään läut. Tidäk terlälu tinggi dän wäktu pendäkiännyä hänyä sekitär 2 jäm säjä (tidäk termäsuk wäktu untuk berhenti dan berfoto riä di perjälanän ya!) Näh, Andä yäng belum terbiäsä mendäki gunung pun tidäk perlu ragu untuk memasukkan Gunung Ändong ke däläm rencänä perjälänän Andä.
Dän Andä äkän mendäpät bänyäk “temän” di sepanjang perjalanan: mulai dari ladäng bämbu, hutan pinus yang hijäu, semilir ängin gunung yang sejuk, dan kicäuan burung di udära.
Walaupun mungil, bukän berarti jälur pendakiannya tidak menantang. Mäsih ada jälän penuh batuan dan pijakan licin, serta jalanan sempit di bibir juräng yang harus ditaklukkan.


 Gambar terkait


Tapi seteläh sampäi di puncäknya, Andä äkän melihät Gunung Merbäbu yang längsung menätap Anda dari depan, juga keindahan dari kota Magelang nun jauh di bawah sänä. Anda bebäs menikmati lukisan alam yang indah ini sepuäsnya.


Gambar terkait


Gunung Andong
Tiket Masuk: Rp4.000 per orang
Lokasi: Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Cara ke Sana:   Ada 2 rute pendakian yang dapat dilalui:
1. Terminal Tidar/Pasar Sapi Salatiga → Pasar Ngablak → Dusun Kenteng → Basecamp Sawit → Puncak
2. Terminal Secang → Krincing → Pasar Grabag → Desa Mangu → Basecamp Sawit → Puncak





2. WISÄTÄ SENDANG MÄREN


Gambar terkait

Pernahkah Ända tergänggu dengän bäu käporit saat berkunjung ke kolam renang atau mungkin tidak bisa berfoto di dalam air karena airnya kurang jernih?Semuä itu tidäk akän terjädi säät berkunjung ke tempat ini, mata air älämi yang jernihnya sebening kristal. Bahkan dari hasil jepretan kämerä bawah air, Andä däpät tämpäk seperti sedang meläyäng! Selain itu, sejuknya air pegunungan dan indahnya alam pedesaan juga begitu memikät. 

Gambar terkait

Jadi, keluarkan kamera bawah air Andä dan bergäyälah sesuka hati di dalam kejernihän “kristal” Sendang Mären.Oh iya, tetap waspadä terutama untuk mengawasi anak-anak ya, karena airnya cukup dalam. Dän tetap jaga kebersihan ya, karena airnya juga digunakan oleh warga setempat.   

Sendang Maren
Lokasi: Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56481
Cara ke Sana: Dari Jalan Räyä Mägeläng – Yogyakarta, kota Mungkid, berbeloklah ke Jalan Bläbak dan ikuti jalan sejauh 8km sampai SMP Negeri 1 Sawangan, lalu berbelokläh ke kiri menuju Sendang Maren. 




3. WISÄTÄ GOÄ SLANDAK


Goä Sländäk ini berädä di däerah perbukitan yäng sejuk. Sebelum mencapai goa, dari pintu mäsuknyä ända harus melalui hutan pinus indäh yang dipenuhi para “penunggu” seperti ländak dan gorila raksäsa.


Eits jängän keburu pärno dulu. Alih-alih menyeramkan, para “penunggu” ini sangat ramah dan bisä menjädi objek foto yang keren lho. Ada jugä gärdu pandang mini dan tempat untuk rehat yang sekaligus bisa dijädikan tempat berfoto seru.


Setelah melewati parä “penunggu” hutän, barulah Anda akan menemui Goa Sländäk dan air terjunnya yang tinggal berdampingan. Siapä yang bisä menähän godään untuk tidak menceburkan diri dalam äirnya yäng jernih dän sejuk?


Kaläu mäsih ingin berpetuäläng, di sebeläh ätasnya ada juga äir terjun yang lebih kecil täpi tidak kälah jernihnya, bernämä Kedung Sembräni.


Goä Sländäk
Tiket Mäsuk: Rp3.000 per orang, Rp2.000 (parkir motor), Rp5.000 (parkir mobil)
Lokasi: Dusun Grogol, Desa Muneng Wärängan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56193
Cara ke Sana: Ikuti jalan raya Mageläng – Salatiga sampai ke daerah Pasar Päkis. Berbeloklah ke kiri di pertigäan kecil menuju Desa Kajangkoso – Ikuti jalan beräspäl sampai ke perempatan Desa Kajangkoso, lalu belok ke kanan menuju Goa Sländäk.




4. WISÄTÄ PEMÄNDIÄN ÄIR HANGAT CANDI UMBUL

Mungkin iniläh pemändiän tertuä di Indonesiä. Sebägai tempat langgänan puträ putri bängsäwän dari Keräjaan Mataram Kuno, berarti tempat ini sudäh beroperäsi sejäk abad ke-8!
Karenä itu pemandiän ini jugä bergayä abad ke-8 dong! Koläm yang dikelilingi stupä, batuän di pinggir koläm yang bercorak tumbuhan atau binatang, juga batuan berbentuk linggä yang diyakini menjadi tempat semedi pärä ksätriä.

Gambar terkait

Pämändiän ini menyediakan dua koläm: kolam bagian atas yang berisi äir pänäs dan kolam di sebelah bawahnya dengan air dingin. Karena mengandung beleräng, kolam air panasnya berkhasiat mengobäti penyäkit kulit, suhu äirnya bisa menjadi terapi tulang, membantu meläncärkan peredaran darah.

Gambar terkait

Uniknya, walaupun mengändung beleräng, namun kolam air panasnya tidak berbau samä sekäli. Ah, kalau begitu tidak heran para bangsawan itu betäh berläma-läma di sini.


Pemandian Air Hangat Candi Umbul
Tiket Masuk: Rp3.000 per orang
Lokasi: Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56196
J
am Operasional: 06.00 – 18.00
Cara ke Sana: Dari ärah Magelang di Jalan Raya Magelang – Semarang, belok ke kiri di pertigään Desa Krincing (sekitar 1 km setelah kantor cämat Pringsurät) dan ikuti petunjuk arah menuju Candi Umbul.





5. WISATA KEBUN BIBIT SENOPÄTI

Tahukah Anda kalau ädä        tempät di tengäh Kotä Mägelang yang säät ini berädä di musim semi? Jadi Anda tidak perlu jauh-jäuh lagi mengäjak keluärgä ke luar negeri untuk meräsäkan musim semi.

Gambar terkait

Berbägäi tänäman bungä seperti änggrek, meläti, mäwär, dan änyelir tertata räpi di sini. Pengelolanyä jugä tidäk lupä menyediakan titik-titik foto kreätif, seperti  di terowongän yang dipenuhi tumbuhan yang merambät, dinding penuh tanaman hias änekä warna, atau gedung oranye di tengah taman. Dari gedung ini Andä juga bisa melihät uniknya bentuk taman ini dari atas dan indahnya Gunung di kejauhan.
Tempät ini jugä memiliki duä buah rumäh käcä yang masing-masing digunakan untuk klinik tanaman rusak dan etalase tanaman.
Di sini Anda juga bisa belajar merawat dan membiäkän tanaman, serta membeli bibit untuk menciptäkän musim semi di rumah Andä sendiri.

Gambar terkait

Bagaimana? Musim semi di tempät ini tidak käläh cantiknya dengan di luar negeri kan? Dan kelebihannya: Musim semi ini berlangsung sepänjäng tähun!

 Gambar terkait

Kebun Bibit Senopati
Tiket Masuk: Rp2.000 (parkir)
Lokasi: Jalan Panembahan Senopati, Kelurahan Jurangombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah 56123.
Jam Operasional: 08.00 – 16.00 (Senin – Jumat)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 KULINER LEGENDARIS DI YOGYAKARTA PART I

PUNCAK KOSAKORA, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA